nusakini.com--Pemerintah Kota Surabaya kembali mendapatkan apresisasi dari daerah lain. Salah satunya adalah dari kabupaten Lembata provinsi Nusa Tenggara Timur yang saat ini sedang melakukan Kunjungan Kerja di Surabaya. Rombongan mengunjungi Pemerintah Kota Surabaya untuk mempelajari aplikasi E-Government. 

Bertempat di Ruang Rapat Walikota, Rabu (14/6) acara kunjungan dibuka dengan sambutan dari Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur

"Kami memilih kujungan ke Kota Surabaya karena pada tahun ini kabupaten kami telah menerapkan sistem inovasi E-Government di Lembata. Sehingga saya harapkan agar kita dapat menjalin kerja sama yang baik. Saat ini sudah banyak investor di Lembata yang berasal dari Surabaya. Sehingga kita harus bekerja sama untuk bisa membawa E-Government dari kota surabaya ke Kabupaten Lembata". 

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Walikota Surabaya yang diwakili oleh Sekertaris Daerah, Hendro Gunawan "Pada kesepatan kali ini kita akan berdiskusi atau sharing terkait E-Planning di Surabaya. Dari aplikasi E-Government di dalamnya terdapat sistem E-Planning yang kita siapkan untuk proses perencanaan pembangunan". Setelah itu disambung dengan paparan dari Agus Imam Sonhaji dari Kepala Perencanaan Pembangunan tentang sistem E-Palnning. 

Agus Imam Sonhaji meneruskan bahwa dalam sistem aplikasi E-Planning terdapat E-Budgeting, E-Project, E-Procurenment, E-Delivery, E-Controling dan E-Monev. Dan juga aplikasi E-Planning terdiri dari E-Musrembang, E-Devplan & Ops Plan dan E-Indicators. Yang masing-masing memiliki fungsi sebagai aplikasi perencanaan pembangunan. 

Setelah Agus Imam Sonhaji memberikan paparan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar E-Planning. Pada penutupan acara dilakukan penukaran cinderamata dari masing-masing daerah. (p/ab)